PENGARUH MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP SIKAP AKADEMIK SISWA PADA MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG DAN MTs MA’ARIF TEGALRANDU KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015

Nuryanti, Faridah (2015) PENGARUH MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP SIKAP AKADEMIK SISWA PADA MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG DAN MTs MA’ARIF TEGALRANDU KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Tesis bu FARIDAH NURYANTI NIM. M1.12.025.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kepala madrasah dan guru merupakan sumber daya manusia yang mempunyai kedudukan yang strategis dalam upaya memberdayakan seluruh potensi sekolah. Dengan demikian kemampuan manajerial kepala madrasah yang efektif sangat diperlukan dan juga kinerja guru yang tinggi sangat diperlukan. Harapannya agar tercipta iklim kerja yang kondusif. Jika iklim madrasah sudah kondusif maka kegiatan belajar mengajar akan selalu ada kesiapan lahir dan batin sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, sehingga pretasi akademik siswa dapat tercapai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan statsitik parametik, penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena responden kurang dari 100. Populasi dlam peelitian ini adalah guru di MTs Muhammadiyah dan MTs Ma’arif kecamatan Srumbung kabupaten Magelang. Adapun analisis datanya menggunakan analisis Regresi ganda. Dengan variabel bebas manajemen kepala madrasah (x1) dan kinerja guru (x2) dan variabel sikap akademik (y). Hipotesa penelitian ini ada pengaruh manajemen kepala madrasah dan kinerja guru terhadap sikap akademik siswa di MTs Muhamadiyah Srumbung Dan MTs Ma’arif Tegalrandu Kecamatan Srumbung Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh manajemen kepala madrasah dan kinerja guru terhadap sikap akademik siswa pada MTs Muhamadiyah Srumbung dan MTs Ma’arif Tegalrandu Kecamatan Srumbung baik dengan interval 20, untuk MTs Muhamadiyah manajemen kepala madrasah 83,3%, kinerja guru 88,8 %, sikap akademik 88,8 % Sedangkan di MTs Ma’arif presentasi data baik, untuk manajemen kepala madrasah 60 %, kinerja guru 93,3%, sikap akademik siswa 86,6 %. Pengaruh manajemen kepala madrasah dan kinerja guru terhadap sikap akademik siswa pada MTs Muhamadiyah Srumbung diperoleh koofisien regresi 0,995 dengan konstanta 0,054 artinya jika manajemen kepala madrasah dan kinerja guru naik 0,054 maka sikap akademiknya juga naik 0,054, sedangkan MTs Ma’arif Tegalrandu Kecamatan Srumbung, diperoleh koefisien regresi 0,990 dengan konstanta 0,023 artinya jika manajemen kepala madrasah dan kinerja kinerja guru naik 0,023 maka sikap akademiknya juga naik 0,023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2016 06:26
Last Modified: 11 Feb 2016 06:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item