PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2016- 2020)

fitri, Febri aulia anggia (2021) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2016- 2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI-FEBRI AULIA ANGGIA FITRI-0021-PS- fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah digunakan untuk menganalisis dan mengetahui adakah Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2016-2020). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian berjumlah 60 yang terdiri dari 12 bank yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mempunyai kelengkapan data yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Sedangkan alat analisis yang digunakan peda penelitian ini adalah alat bantu aplikasi Eviews 9. Metode analisis data yang digunakan seperti uji stasioneritas, uji model regresi data panel, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji path analysis. Dari hasil pengujian yang dilakukan menghasilkan bahwa variabel dewan direksi, ukuran perusahaan, dan manajemen laba memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. sedangkan variabel komite audit memeiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan tetapi tidak berpengaruh secara signifikan. Untuk variabel dewan direksi dan komite audit mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, namun pengaruh variabel ukuran perusahan terhadap manajemen laba memiliki hubungan xii negatif signifikan. Dari perhitungan analisis jalur dapat diketahui bahwa manajemen laba dapat memediasi variabel dewan direksi dan komite audit terhadap kinerja keuangan perusahaan, tetapi untuk variabel ukuran perusahaan, manajemen laba tidak dapat menjadi pemediasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2021 19:55
Last Modified: 22 Oct 2021 19:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item