MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNA LARAS DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA

Sakina, Gita (2017) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNA LARAS DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak tuna laras adalah sebutan bagi anak yang mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial. SMP Muhammadiyan Salatiga merupakan sekolah umum, bukan sekolah inklusi akan tetapi terdapat beberapa peserta didik yang termasuk pada golongan anak tuna laras. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tuna laras di SMP Muhammadiyah Salatiga. Pertanyaan utama yang ingin dijawab (1)Bagaimanakah karakteristik anak Tuna Laras?(2)Bagaimanakah model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan untuk anak Tuna Laras?(3) Apa masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tuna Laras? (4) Upaya apa yang harus ditempuh oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi masalah tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi mengenai model pembelajaran yang digunakan para pendidik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan perilaku tuna laras; wawancara dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, beberapa guru, karyawan dan anak tuna laras, dan dokumentasi untuk mencari data mengenai gambaran umum SMP Muhammadiyah Salatiga. Penelitian, menyimpulkan bahwa karakteristik anak tuna laras dapat dilihat dari beberapa aspek. Aspek perilaku, aspek akademik dan aspek emosional. Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak tuna laras yang diterapkan sama saja tidak ada perbedaan dalam model pembelajaan antara anak normal dan anak tuna laras, tetapi khusus untuk anak tuna laras gurumemberikan perhatian dan catatan khusus untuk memantau kondisi anak tuna laras. Adanya pendampingan khusus serta diberi tambahan jam pelajaran untuk mengejar materi yang belum dikuasai.Hambatan atau masalah yang di hadapi oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tuna laras adalah dari pendidik maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2017 03:37
Last Modified: 13 Mar 2017 03:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item