REWARD DAN PUNISHMENT SEBAGAI BENTUK KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH PULUTAN SALATIGA

Wibowo, muhammad Ali (2017) REWARD DAN PUNISHMENT SEBAGAI BENTUK KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL FALAH PULUTAN SALATIGA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan reward dan punishment untuk mewujudkan kedisiplinan dalam segala kegiatan di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Desa Pulutan Kecamatan Sidorejo Salatiga. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah penerapan reward dan punishment dalam pendidikan di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. 2) Bagaimanakah efektifitas penerapan reward dan punishment di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. 3)Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan reward dan punishment di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. 4) Bagaimanakah konsep pendidikan kedisiplinan di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting.Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian.Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan reward bukan hanya dengan materi saja, bisa juga dengan ucapan, sedangkan penerapan punishment selain mengikuti peraturan di pondok juga dengan menghafal surat-surat pendek, menambah jam belajar malam dan juga hukuman fisik yang mendidik, seperti push up, lari mengelilingi halaman. 2) Keduanya sangat efektif dalam implementasi kedisiplinan, walaupun yang lebih dominan adalah keefektifan punishment karena sering terjadinya pelanggaran. 3) Fator pendukung: pengurus mempunyai komitmen yang kuat, adanya oraganisasi dari santri, adanya pengabdian dari alumni, tata tertib yang sudah disepakati oleh pengurus dan pengasuh, dan lingkungan yang kondusif.Faktor penghambat: lemahnya pengawasan, penerapan reward dan punishment yang kurang konsisten, kesadaran santri kurang, pengaruh dari tempat tinggalnya maupun pergaulan, dan kurangnya bimbingan bagi santri yang melanggar. 4)Konsep pendidikan kedisiplinan yang diterapkan di Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah hampir sama dengan asrama TNI yakni melaksanakan kegiatan pesantren dengan disiplin sesuai waktunya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2017 03:50
Last Modified: 13 Mar 2017 03:50
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item