PENGARUH RELIGIUSITAS, WORD OF MOUTH, DAN REPUTASI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus BPRS Sukowati Sragen)

NUGROHO, RONI (2021) PENGARUH RELIGIUSITAS, WORD OF MOUTH, DAN REPUTASI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus BPRS Sukowati Sragen). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RONI NUGROHO (63010160443).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, word of Mouth dan reputasi terhadap keputusan menabung dengan minat menabung sebagai variabel intervening studi kasus BPRS Sukowati Sragen. Variabel yang digunakan adalah religiusitas, word of mouth, reputasi, keputusan dan minat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada nasabah BPRS Sukowati Sragen pada tahun 2021. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS versi 25. Analisis ini meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas dan uji linearitas), uji statistik (uji Ttest, Ftest, serta koefisien determinasi (R2)) dan path analysis. Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, word of mouth berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, reputasi dan keputusan menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Uji path analysis menunjukkan bahwa variabel Keputusan menabung tidak berperan sebagai mediasi antara pengaruh religiusitas Word of Mouth dan Reputasi terhadap Minat Menabung di BPRS Sukowati Sragen.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2021 02:34
Last Modified: 23 Oct 2021 02:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item