PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DANA PIHAK KETIGA DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN EFISIENSI BIAYA DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020)

Fatmasari, Nur (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, DANA PIHAK KETIGA DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN EFISIENSI BIAYA DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI NUR FATMASARI (63010170408).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan bagi hasil, Dana Pigak Ketiga dan Capital Adequacy Ratio terhadap profitabilitas dengan Efisiensi Biaya dan Produk Domestik Bruto sebagai variabel moderasi pada Bank Umum Syariah periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa data panel yang diperoleh dari laporan keuangan bank umum syariah yang diterbitkan di masing-masing website resmi bank. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 12 Bank Umum Syariah (BUS) periode 2016-2020. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pembiayaan bagi hasil berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan DPK berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas, dan CAR berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel moderasi efisiensi biaya yang dihitung dengan BOPO mampu memoderasi hubungan pembiayaan bagi hasil dan DPK dan CAR terhadap profitabilitas. Sedangkan variabel moderasi PDB mampu memoderasi hubungan CAR terhadap profitabilitas, namun PDB tidak mampu memoderasi hubungan pembiayaan bagi hasil dan DPK terhadap profitabilitas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2021 21:36
Last Modified: 24 Oct 2021 21:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item