PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALAT UKUR (BERAT, PANJANG, DAN WAKTU) MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS III MI TAMRINUL ULUM JETIS GENTAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

nurhayati, Dwi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALAT UKUR (BERAT, PANJANG, DAN WAKTU) MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS III MI TAMRINUL ULUM JETIS GENTAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI FIX PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi alat ukur (berat, panjang, dan waktu) pada siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis yang terdiri dari 16 siswa yaitu 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 5 bulan mulai April sampai Agustus 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitin dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran Matematika adalah 70, sebelum menggunakan strategi Card Sort hanya ada 25% (4 siswa) yang tuntas, sedangkan 75% (12 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan strategi Card Sort dalam pembelajaran Matematika pada siklus I diperoleh data 44% (7 siswa) tuntas dan 56% (9 siswa) tidak tuntas. Jika dilihat peningkatannya 19%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 87% (14 siswa) tuntas sedangkan 13% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar antara pra siklus dengan siklus I yaitu sebesar 19%. Sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan 62%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:59
Last Modified: 13 Mar 2017 04:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item