PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK KONTEKSTUAL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA SUBTEMA LINGKUNGAN SEKOLAHKU

Billah, Muktafi (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK KONTEKSTUAL BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA SUBTEMA LINGKUNGAN SEKOLAHKU. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Muktafi Billah (12020190006).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker, (2) mengembangkan media pembelajaran e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker, dan (3) menguji e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas I di MI Miftahul Ulum Cukilan 2 Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku. Design membuat rancangan produk e-modul tematik berbasis kontekstual menggunakan aplikasi flipbook maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku. Development mengembangkan e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengembangan e-modul tematik kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku sangat layak. Jumlah subjek penelitian adalah 25 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Jenis instrument yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan E-modul Tematik Kontekstual pada Subtema Lingkungan Sekolahku. (2) Menjelaskan dengan detail penggunaan E-modul Tematik Kontekstual pada Subtema Lingkungan Sekolahku. (3) Produk pengembangan ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan validator, ahli media sebesar 76%, ahli materi sebesar 84%, dan uji pretest dengan menggunakan program SPSS 23 dengan Paired Samples Test diperoleh nilai signifikansi (1 Sided p) 0,00,p < 0,05 dan posttest nilai signifikansi (2 Sided p) 0,00,p < 0,05 (p = 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 15:07
Last Modified: 29 Nov 2021 14:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item