PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISR (ISLAMIC SOCIAL REPORTING) SEBAGAI PEMODERASI (Studi Kasus Perusahaan Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019)

Widayanti, Heni (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISR (ISLAMIC SOCIAL REPORTING) SEBAGAI PEMODERASI (Studi Kasus Perusahaan Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI-HENI WIDAYANTI-63030170028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, leverage terhadap nilai perusahaan dengan ISR sebagai pemoderasi pada perusahaan yang terdapat di JII (Jakarta Islamic Indexs) tahun 2015-2019. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai analisis data. Data yang digunakan yaitu data sekunder berbentuk data panel. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan alat bantu eviews 10. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2015-2019. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu dengan menggunakan beberapa kriteria sehingga didapatkan 13 perusahan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa profitabilitas, kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis MRA (Moderated Regression Analysis) menunjukan bahwa pengungkapan ISR mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan kearah negative, yang berarti bahwa dengan adanya variabel ISR dapat memperlemah hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan ISR tidak dapat memoderasi hubungan kebijakan dividen dan variabel leverage terhadap nilai perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 16:21
Last Modified: 26 Oct 2021 18:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item