PENGARUH PENGETAHUAN, FASILITAS, RELIGIUSITAS DAN MOTIF RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Edi Mancoro Kab. Semarang)

Gunawan, Tio Famor (2021) PENGARUH PENGETAHUAN, FASILITAS, RELIGIUSITAS DAN MOTIF RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Edi Mancoro Kab. Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Tio Famor Gunawan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren adalah sebuah wadah yang mengumpulkan santri dalam satu tempat untuk menuntut ilmu. pesantren dalam dunia pendidikan merupakan lembaga non formal berbasis Islam. Dengan demikian, penulis ingin mengetahui pengaruh pengetahuan, fasilitas, religiusitas dan motif rasional terhadap keputusan santri menabung di bank syariah dengan minat menabung sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini merupakan santri Edi Mancoro Kab. Semarang memiliki jumlah 350 santri. sedangkan penulis mengambil sampel sejumlah 100 santri melalui metode purposive sampling. Penulis mengolah data dengan menggunakan SPSS 16.0. Selanjutnya, penulis melakukan analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa indikator fasilitas, religiusitas dan motif rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan keputusan menabung santri di bank syariah, sedangkan variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap minat menabung santri di bank syariah. Pengetahuan, fasilitas, religiusitas dan motif rasional mampu memediasi terhadap keputusan santri menabung di bank syariah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 19:35
Last Modified: 29 Oct 2021 13:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item