HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN INSOMNIA PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2020 PRODI PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA

500, Rhoudhotun najah, UTANG (2021) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN INSOMNIA PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2020 PRODI PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Najah, Rhoudhotun. 2021. Hubungan antara Kecemasan Akademik dengan Insomnia pada Mahasiswa Baru Angkatan 2020 Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M.Si. Kata Kunci: Kecemasan Akademik; Insomnia; Mahasiswa Baru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan akademik dan insomnia pada mahasiswa baru angkatan 2020 Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah, serta meneliti ada tidaknya hubungan antara kecemasan akademik dengan insomnia pada mahasiswa baru angkatan 2020 Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar dua jenis skala, yaitu skala kecemasan akademik dan skala insomnia yang disebarkan secara online dengan bantuan google forms. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu adanya hubungan positif yang berkorelasi lemah antara kecemasan akademik dengan insomnia dengan nilai pearson correlation sebesar 0,388 dan nilai signifikansi sebesar 0,005<0,05. Berdasarkan analisis deskriptif data tentang kecemasan akademik yang dialami mahasiswa baru angkatan 2020 Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga dalam kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 86% atau 43 mahasiswa. Dan untuk analisis deskriptif data tentang insomnia yang dialami mahasiswa baru angkatan 2020 Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAIN Salatiga dalam kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 90% atau 45 mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:26
Last Modified: 27 Oct 2021 03:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item