IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XII GUNA PERSIAPAN SBMPTN DAN SPAN UMPTKIN DI MA SUNAN PRAWOTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AWWAWINA, RIZVI UZZA (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XII GUNA PERSIAPAN SBMPTN DAN SPAN UMPTKIN DI MA SUNAN PRAWOTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Virtual (Virtual Learning) yang diterapkan guru, untuk mengetahui respon dari siswa-siswi mengenai pemahaman mereka terhadap model pembelajaran Virtual (Virtual Learning) yang diterapkan dan untuk mengetahui kendala yang ditemui guru dan siswa selama penerapan model pembelajaran Virtual (Virtual Learning) guna persiapan SBMPTN dan SPAN UMPTKIN pada mata pelajaran Matematika di MA Sunan Prawoto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran Matematika guna persiapan SBMPTN dan SPAN UMPTKIN dan siswa Kelas XII MIA-1 (Matematika Ilmu Alam). Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru pengampu mata pelajaran Matematika guna persiapan SBMPTN dan SPAN UMPTKIN dan siswa kelas XII MIA-1 (Matematika Ilmu Alam) berjumlah 26 Siswa-siswi di MA Sunan Prawoto. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai pembelajaran Virtual Learning yang diterapkan oleh guru Matematika guna persiapan SBMPTN dan SPAN UMPTKIN di MA Sunan Prawoto yaitu guru dalam pembelajaran Virtual Learning menggunakan aplikasi WhatsApp untuk melaksanakan pembelajaran dengan cara memberikan materi lalu dijelaskan menggunakan pesan tertulis,Voice Note dan kadang dibuatkan vidio pembelajaran serta memberikan latihan-latihan soal untuk belajar di rumah dari tipe soal mudah sampai yang sulit, respon yang diberikan siswa-siswi mengenai pemahaman mereka terhadap pembelajaran yang diterapkan mendapat respon positif karena mayoritas siswa merasa terbantu dan dapat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru menggunakan pembelajaran Virtual yang diterapkan, dan kendala yang ditemui oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Virtual Learning adalah mengenai tingkat soal-soal yang diujikan dalam ujian SBMPTN dan SPAN UMPTKIN merupakan soal dengan kategori HOTS (High Order Thinking Skills) sedangkan kendala yang ditemui siswa-siswi dalam pelaksanaan pembelajaran Virtual Learning mayoritas adalah mengenai kuota internet dan sinyal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2021 17:03
Last Modified: 27 Oct 2021 10:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item