PENGARUH SALES GROWTH DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2020)

Hartati, Eka Resmi (2021) PENGARUH SALES GROWTH DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI EKA RESMI HARTATI (63030170050).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth dan capital intensity terhadap tax avoidance dengan leverage sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2020. Metode pengumpulan data dengan mengumpulkan laporan keuangan tahunan (annual report) pada IDX dan website resmi perusahaan. Diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji stasioner, statistik melalui uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2 ), uji asumsi klasik, uji regresi linier dan juga analisis jalur atau path analysis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh secara positif signifikan terhadap tax avoidance. Capital intensity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance. Leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan hasil analisis jalur atau path analysis menunjukkan bahwa leverage tidak mampu berperan sebagai variabel intervening antara pengaruh sales growth dan capital intensity terhadap tax avoidance.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2021 22:03
Last Modified: 27 Oct 2021 22:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item