PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2013-2019)

LUTFI, ICHDA APRILIANA (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2013-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ICHDA APRILIANA LUTFI 63030170014 SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROE), leverage (DER), dan likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan (PBV) yang dimoderasi oleh kebijakan dividen (DPR). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 13 sampel perusahaan dengan populasi perusahaan 50 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2019. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah secara parsial profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), leverage (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), likuiditas (CR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), kebijakan dividen (DPR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), kebijakan dividen (DPR) mampu memoderasi (melemahkan) hubungan profitabilitas (ROE) terhadap nilai perusahaan (PBV), kebijakan dividen (DPR) mampu memoderasi (menguatkan) hubungan leverage (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV) dan kebijakan dividen (DPR) mampu memoderasi (menguatkan) hubungan likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan secara simultan profitabilitas, leverage, likuiditas dan kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 16:38
Last Modified: 28 Oct 2021 14:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item