PENGARUH SERVICE QUALITY, RELATIONSHIP MARKETING DAN DIGITAL BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Kantor Cabang Semarang)

Alfianita, Risma Della (2021) PENGARUH SERVICE QUALITY, RELATIONSHIP MARKETING DAN DIGITAL BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Kantor Cabang Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Risma Della Alfianita_63010170105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alfianita, Risma D. 2021. Pengaruh Service Quality, Relationship Marketing dan Digital Banking terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Kantor Cabang Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1- Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar, Lc., M.SI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perekonomian khususnya lembaga keuangan yaitu perbankan syariah. Ketatnya persaingan pasar antar bank menuntut pihak perbankan untuk mendapatkan nasabah yang loyal. Upaya mendapatkan keloyalitasan nasabah dapat ditempuh dengan menerapkan service quality, relationship marketing dan memberikan kemudahan melalui digital banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service Quality, Relationship Marketing dan Digital Banking terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Suriyah Kantor Cabang Semarang). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah BPRS Suriyah KC Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik insidental sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Analisis ini meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asusmsi klasik, uji statistik dan menggunakan uji path analysis. Hasil uji t test menunjukkan bahwa service quality dan relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan digital banking dan kepuasan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Uji path analysis menunjukkan bahwa variabel kepuasan tidak dapat memediasi pengaruh service quality, relationship marketing dan digital banking terhadap loyalitas nasabah BPRS Suriyah KC Semarang. Kata kunci: Service Quality, Relationship Marketing, Digital Banking, Kepuasan, Loyalitas

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 17:56
Last Modified: 28 Oct 2021 17:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item