PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD UNGGULAN 20 KECAMATAN GRABAG TAHUN AJARAN 2021/2022

SAADAH, VINA NURUL (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD UNGGULAN 20 KECAMATAN GRABAG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Vina Nurul Sa'adah (23040170111).pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karanagn sederhana di SD Unggulan 20 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah nilai KKM. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SD Unggulan 20 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SD Unggulan 20 Kecamatan Grabag Tahun Aajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Unggulan 20 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 14 siswa meliputi 4 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Instrument penelitian meliputi lembar observasi, RPP, dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indnesia materi menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SD Unggulan 20 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tahun ajaran 2021/2022. Adapun peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu 21,5%, siklus I ke siklus II yaitu 42,8%. Hal ini dapat dilihat pada perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 28,5% tuntas belajar dengan niai rata-rata 69,6, pada siklus I 50% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 73,0, pada siklus II 92,8% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 88,5.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 18:16
Last Modified: 16 Nov 2021 13:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item