IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMK N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG) TAHUN AJARAN 2020/2021

Alifah, Nur (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMK N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG) TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS .Nur Alifah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alifah, Nur. (2021). Implementasi Penggunaan Google Classsroom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Stadi Kasus Di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang) Tahun Ajaran 2020/2021, Tesis, Pembimbing Prof., Dr., Mansur M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Google Classroom, Pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penggunaan google classroom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021 dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19 di SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka strategi penggunaan google classroom dalam pembelajaran PAI berjalan dengan baik. Persiapan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran dapat dilakukan sebagaimana mestinya, informasi materi yang disampaikan kepada siswa juga dapat tersampaikan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK N 1 Tengaran diantaranya yaitu signal yang tidak mendukung, kuota yang tidak mencukupi, handphone rusak, lupa password, siswa ada yang bekerja, siswa mengumpulkan tugas di luar deadline dan kurang minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Solusi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK N 1 Tengaran diantaranya yaitu siswa bisa datang ke sekolah dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, disosialisasikan via google classroom, guru memberikan perpanjangan deadline, guru menyampaikan ke wali kelas untuk mengingatkan kembali kepada siswa, solusi terakhir yang dilakukan yaitu guru melakukan home visit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 21:06
Last Modified: 28 Oct 2021 21:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item