IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DAN MORAL PADA SISWA DI MA YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2021

chusna, Fina nafidatul (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DAN MORAL PADA SISWA DI MA YAJRI PAYAMAN SECANG MAGELANG TAHUN AJARAN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Fina Nafidatul Husna 23010170279 .pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Fina Nafidatul Husna 23010170279 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apa saja nilai-nilai spiritual dan moral yang dikembangkan 2) bagaimana implementasi nilai-nilai spiritual dan moral pada siswa 3) faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai spiritual dan moral pada siswa di MA Yajri Payaman Secang Magelang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan beberapa guru PAI, dan sumber data sekunder yang dapat berupa foto pendukung kegiatan yang ada di MA Yajri Payaman Secang Magelang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, nilai-nilai spiritual dan moral yang dikembangkan yaitu: nilai ibadah, nilai kedisiplinan, nilai jihad, dan nilai keteladanan. Kedua, implementasi nilai-nilai spiritual pada siswa di MA Yajri Payaman Secang Magelang melalui beberapa kegiatan, yaitu: melalui ucapan salam, berdo‟a di awal maupun akhir pembelajaran, kegiatan sholat berjama‟ah, dan kegiatan khitobah. Ketiga, implementasi nilai-nilai moral pada siswa di MA Yajri Payaman Secang Magelang dikembangkan melalui beberapa kegiatan diantaranya yaitu: mengaitkan pembelajaran dengan pentingnya nilai-nilai moral, memberikan tauladan yang baik, dan memberi peringatan kepada siswa yang melakukan kesalahan. Keempat, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai spiritual dan moral yaitu: a) untuk faktor pendukungnya yaitu adanya komponen secara teoritis, minat dan semangat pada siswa, adanya tenaga kependidikan, lingkungan yang kondusif, dan adanya dari wali murid serta warga sekitar sekitar sekolah. b) faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai spiritual dan moral tergantung pada peserta didiknya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2021 22:12
Last Modified: 04 Nov 2021 11:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item