ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Atiqoh, Aini (2021) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AINI_ATIQOH_fixx[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran orang tua, proses pembelajaran daring,dan pandemi covid-19 Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui analisis peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, (2) untuk mengetahui kendala orang tua dalam proses pembelajan daring di masa Covid-19. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumntasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, peran tua dalam mendampingi proses pembelajaran anak dimasa pandemi Covid-19 adalah menjaga dan memastikan anak hidup bersih dan sehat, mengawasi prosses pembelajaran anak selama belajar di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman selama anak belajar di rumah, dan memberikan motivasi. Kendala orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran anak dimasa pandemi Covid-19 adalah jaringan internet dan elektronik yang kurang mendukung, materi yang sulit difahami siswa, dan waktu anak yang banyak digunakan untuk tugas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2021 15:53
Last Modified: 31 Oct 2021 08:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item