PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA

KHOLIFAH, SITI JAMILATUL (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI JAMILATUL KHOLIFAH 23070170023 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran Model Pembelajaran Missiouri Mathematics Project (MMP) disertai Media Pembelajaran berupa PowerPoint terhadap Minat Belajar Siswa pada materi Pola Bilangan siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Pembelajaran ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah penggunaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang disertai Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat mepengaruhi Minat Belajar Matematika pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa? (2) Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang disertai Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint terhadap Minat Belajar Matematika pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa? Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif tipe Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu VIII.A sebagai kelas eksperimen dan VIII.B sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Subjek penelitian sebanyak 60 responden yang terdiri dari 30 siswa kelompok kontrol dan 30 siswa kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil posttest minat kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar (kontrol) dengan peningkatan dan (eksperimen) dengan peningkatan (2) Uji Hipotesis Independent Samples T-Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar , dan sebesar yang mengakibatkan ditolak. Sehingga keputusan dari uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) disertai Media Pembelajaran berupa Microsoft PowerPoint terhadap minat belajar matematika pada materi Pola Bilangan kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2021 21:57
Last Modified: 31 Oct 2021 15:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item