ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN BI 7-DAY (REVERSE) REPO RATE TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2020)

RAMANDANI, TITA (2021) ANALISIS PENGARUH INFLASI DAN BI 7-DAY (REVERSE) REPO RATE TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2020). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Tita Ramandani 63010160357.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inflasi dan BI 7-day (Reverse) Repo Rate terhadap pembiayaan UMKM dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebagai variabel intervening pada bank umum syariah periode 2015-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 60 yang terdiri dari 10 bank yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memiliki kelengkapan keuangan sesuai yang dibutuhkan dalam penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah dengan alat bantu aplikasi Eviews 9. Metode analisis data meliputi uji stasioneritas, uji model regresi data panel, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pembiayaan UMKM, sedangkan BI 7-day (Reverse) Repo Rate berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembiayaan UMKM. Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan UMKM. Inflasi dan BI 7-day (Reverse) Repo Rate berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK). Berdasarkan analisis jalur, Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak mampu memediasi pengaruh inflasi maupun BI 7-day (Reverse) Repo Rate terhadap pembiayaan UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2021 17:21
Last Modified: 01 Nov 2021 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item View Item