PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, CAPITAL ADEQUACY RATIO DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BERMASALAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI

PUJIYANTY, LUSY (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, CAPITAL ADEQUACY RATIO DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BERMASALAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LUSY PUJIYANTY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan murabahah, CAR dan FDR terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia dengan pembiayaan bermasalah sebagai variabel moderasi tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Data penelitian ini menggunakan data sekunder tahunan bank umum syariah dari tahun 2015-2019. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi Eviews9. Setelah dilakukan berbagai pengujian asumsi klasik, penelitian ini memperlihatkan hasil bahwa variabel pembiayaan murabahah, CAR, FDR, dan pembiayaan bermasalah berhasil diuji dan dinyatakan lolos uji. Variabel pembiayaan murabahah, CAR dan FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA secara parsial. Pembiayaan bermasalah dapat memperlemah pengaruh pembiayaan murabahah, CAR dan FDR terhadap ROA. Saran penulis, sebaiknya bank umum syariah lebih memperkuat performanya agar dapat meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah yang sudah jelas mempengaruhi profitabilitas bank itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 15:01
Last Modified: 02 Nov 2021 15:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item