PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII A SMP AL MASÚDIYYAH BLATER TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mukhadim, (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII A SMP AL MASÚDIYYAH BLATER TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Dokumen dari adzim.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Dokumen dari adzim.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mukhadim. 2021. Peningkatan Keterampilan Komunikasi Matematis Pada Materi Segitiga Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas VII A SMP Al Masúdiyyah Blater Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningatkan komunikasi matematis siswa pada materi Segitiga kelas VII A SMP Al Masúdiyyah Tahun Pelajaran 2020/2021. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Al Masúdiyyah yang terdiri dari 30 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan pada bulan Maret 2021. Penelitian ini merupakan (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus yang setiap Siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu terdiri dari 1) untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. 3) pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) menganalisis data hasil pengamatan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap Siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I,dan Siklus II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran matematika adalah 70, pada Siklus I terdapat 23 (76,6%) siswa tuntas dan 7 siswa (23,3%) belum tuntas, dengan rata- rata 74,6 dan pada Siklus II terdapat 26 (86.6%) siswa tuntas belajar dan 4 (13,3%) siswa belum tuntas, dengan rata-rata 78,8.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 17:10
Last Modified: 10 Nov 2021 12:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item