PENGARUH MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBANTU ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP ISLAM AR-RAHMAH SURUH

RACHMAWATI, AYU AULIA (2021) PENGARUH MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBANTU ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP ISLAM AR-RAHMAH SURUH. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AYU AULIA RACHMAWATI_TIPA_23060170062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rachmawati, Ayu Aulia. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh pada materi sistem pernapasan menggunakan media konvensional (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh pada materi sistem pernapasan menggunakan model Self Organized Learning Environments (SOLE) berbantuan media android (3) pengaruh model Self Organized Learning Environments (SOLE) berbantuan media berbasis android terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Ar Rahmah Suruh tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel pada penelitian ini sejumlah dua kelas dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbantuan media pembelajaran berbasis android dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengambil data prestasi pengetahuan, sedangkan analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji T serta uji Korelasi berbantuan aplikasi SPSS versi 22.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Hasil belajar pada materi Sistem Pernapasan Manusia dengan menggunakan media konvensional pada kelas kontrol menunjukan siswa yang mendapat nilai di atas KKM (75) sebanyak 2 siswa. nilai rata-rata pretest sebesar 45,78 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah sebesar 77,78. (2) Hasil belajar pada materi Sistem Pernapasan Manusia dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berbantuan media android pada kelas eksperimen menunjukan perhitungan dengan uji Paired Sample T-test menggunakan program SPSS 22.0 menunjukan P value dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sebesar (0,002 < 0,05) serta siswa yang mendapat nilai di atas KKM (75) sebanyak 20 siswa. nilai rata-rata pretest sebesar 53,14 sedangkan nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 81,43. (3) Besarnya pengaruh media android pada model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) berdasarkan uji korelasi menunjukkan bahwa Adjusted R Square sebesar 0,047 serta hasil belajar IPA sebesar 60% atau bisa dikatakan mempengaruhi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2021 17:29
Last Modified: 05 Nov 2021 06:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item