PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING FINANCING DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PIUTANG MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Tahun 2015-2020)

SETIAWAN, AGUST (2021) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING FINANCING DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PIUTANG MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Tahun 2015-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AGUST SETIAWAN 63010170095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing Dan Debt To Equity Ratio terhadap Piutang Murabahah dengan Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Umum Syariah Tahun 2015-2020). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Data pada penelitian ini adalah data sekunder, dengan populasi Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2015-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh sampel 11 Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria. Alat analisis menggunakan aplikasi Eviews 9. Berdasarkan uji f, diketahui bahwa secara simultan variabel CAR, NPF, DER berpengaruh terhadap Piutang Murabahah. Dari uji R2 diketahui variabel independent pada penelitian ini mempengaruhi variabel dependen sebesar 86,99%. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa CAR berpengaruh positif signifikan terhadap Piutang Murabahah, NPF tidak berpengaruh terhadap Piutang Murabahah, DER tidak berpengaruh terhadap Piutang Murabahah. Dari hasil uji MRA diketahui bahwa DPK memperlemah pengaruh CAR terhadap Piutang Murabahah, sedangkan DPK memperkuat pengaruh NPF terhadap Piutang Murabahah dan DPK tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh DER terhadap Piutang Murabahah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2021 20:14
Last Modified: 03 Nov 2021 20:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item