KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKUKAN VARIASI MENGAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS IV PADA ERA NEW NORMAL DI MI MA'ARIF PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

JANNAH, AFIFATUL (2021) KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKUKAN VARIASI MENGAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS IV PADA ERA NEW NORMAL DI MI MA'ARIF PULUTAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AFIFATUL JANNAH_23040170123_Skripsi .pdf

Download (3MB)

Abstract

Jannah, Afifatul. 2021. Keterampilan Guru Dalam Melakukan Variasi Mengajar Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV Pada Era New Normal di MI Ma’arif Pulutan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: keterampilan variasi mengajar, pembelajaran IPA, era new normal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam melakukan variasi mengajar, respon siswa, kendala dan keberhasilan guru dalam mengajar pembelajaran tematik muatan IPA kelas IV pada era new normal di MI Ma’arif Pulutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan berupa wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam melakukan variasi mengajar pembelajaran tematik muatan IPA kelas IV di MI Ma’arif Pulutan pada era new normal dalam pelaksanaannya sudah menerapkan variasi mengajar meliputi variasi suara, variasi memusatkan perhatian, variasi mengadakan kontak pandang, variasi gerak badan dan kepala, variasi mengadakan gerakan badan dan mimik, variasi media, dan variasi pola interaksi. 2) Respon siswa terkait guru saat melakukan keterampilan variasi mengajar menunjukkan bahwa 91% siswa kelas IVA dan 90% siswa kelas IVB dapat menerima dan memahami materi pembelajaran tematik muatan IPA. 3) Kendala yang dialami guru saat melakukakan variasi mengajar yaitu kurangnya kedisiplinan siswa, terbatasnya media pembelajaran dan waktu. Solusi untuk mengatasi kendala yaitu guru menciptakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif, dan memberi peluang siswa untuk lebih aktif, memberikan materi tambahan serta penugasan dan menanyakan hal yang dirasa belum paham yang dikirim melalui whatsapp. 4) Keberhasilan guru dalam melakukan keterampilan variasi mengajar pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas IV dianggap berhasil hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas IVA dan IVB lebih dari 85% siswa mencapai KKM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2021 21:02
Last Modified: 03 Nov 2021 14:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11981

Actions (login required)

View Item View Item