IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WAHYUNINGSIH, ANGGITA WIDI (2021) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_SKRIPSI _ANGGITA WIDI W_ 23040170139.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wahyuningsih, Anggita Widi. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Online Pada Siswa Kelas IV Di MIN 2 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran online pada siswa kelas IV di MIN 2 Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Responden penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV, dan wali murid kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 2 Demak berupaya menerapankan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran online. Guru mendapatkan pelatihan khusus dalam penggunaan teknologi sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Guru dituntut untuk menerapkan 18 nilai karakter di setiap mata pelajaran yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Pendidikan karakter di kelas empat menekankan pada nilai kedisiplinan. Penerapan nilai karakter dapat guru berikan melalui penugasan materi atau mebiasakan peserta didik dalam kehidupan seharihari. Setiap guru kelas menjalin komunikasi dengan wali murid untuk bertukar informasi tentang perkembangan penerapan nilai pendidikan karakter terutama dalam hal kedisiplinan dan permasalahan selama proses belajar. Kepala madrasah selalu melakukan evaluasi kepada semua guru untuk mengetahui hambatan dan permasalahan selama penerapan nilai karakter disiplin dan kegiatan belajar online dan melakukan pemecahan masalah secara bersama. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Online.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2021 21:04
Last Modified: 03 Nov 2021 17:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item