ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2020)

Rofi'atun, (2021) ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Rofi'atun_63010170100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan intitusional, struktur aktiva, profitabilitas, dan likuiditas terhadap struktur modal yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berbentuk data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 10 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Eviews 9. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji pemilihan model data panel, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel profitabilitas yang berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan variabel kepemilikan institusional, struktur aktiva, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Variabel ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap struktur modal, akan tetapi tidak mampu memoderasi pengaruh struktur aktiva dan likuiditas terhadap struktur modal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2021 18:23
Last Modified: 11 Nov 2021 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item View Item