ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN LIQUIDITY RISK DAN CREDIT RISK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2010-2020)

Khalwati, Atik (2021) ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE DENGAN LIQUIDITY RISK DAN CREDIT RISK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2010-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
63010170151_ATIK KHALWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap financial performance dengan liquidity risk dan credit risk sebagai variabel intervening studi kasus pada Bank Umum Syariah periode 2010-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berbentuk data panel. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2010-2020. Data sekunder yang ada dalam penelitian meliputi data intellectual capital, FDR, NPF, dan ROA yang dipublikasikan oleh masing-masing BUS. Data yangdiperoleh kemudian dianalissi menggunakan alat bantu software Eviews versi 9 dan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital (IC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial performance (ROA), intellectual capital (IC) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap liquidity risk (FDR), liquidity risk (FDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial performance (ROA), intellectual capital (IC) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap credit risk (NPF), liquidity risk (FDR) tidak dapat memediasi hubungan antara intelectual capital (IC) terhadap financial performance (ROA), serta credit risk (NPF) mampu memediasi hubungan antara intellectual capital (IC) terhadap financial performance (ROA).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 18:21
Last Modified: 08 Nov 2021 11:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item