PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Semarang)

ANISA, AFRILIA TINA NUR (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AFRILIA TINA Nur Anisa 0028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah karakter dari pelaku usaha akan mempengaruhi perkembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan 2 persamaan pada analisis regresi linier berganda, berikut persamaannya: Pertama regresi variabel karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM. Kedua, regresi variabel karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran dan inovasi terhadap perkembangan UMKM. Penelitian ini diolah dengan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini ada sebanyak 1.738 pelaku usaha. Sedangkan teknik pengambilan atau pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) yang diberikan kepada pelaku UMKM Kabupaten Semarang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan systematic random sampling yaitu bisa digunakan untuk populasi yang homogen. Kemudian data diolah menggunakan alat analisis berupa SPSS 25. Analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM, modal usaha tidak berpengaruh terhadap perkembangan UMKM, strategi pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM, inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMKM. Sedangakan dari hasil path analysis menunjukkan bahwa inovasi memediasi karakteristik wirausaha dan strategi pemasaran dengan perkembangan UMKM, namun inovasi tidak memediasi modal usaha dengan perkembangan UMKM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 19:20
Last Modified: 08 Nov 2021 12:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item