PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), EKUITAS DAN SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020)

Listiyaniningsih, (2021) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), EKUITAS DAN SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_LISTIYANININGSIH_63010170386.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Ekuitas dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) Terhadap Pembiayaan Murabahah dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian sebanyak 11 bank syariah. Teknik Analisa yang digunakan adalah uji statistik melalui uji ttest, ftest, r2, uji regresi dan juga uji MRA. Pengolahan data penelitian menggunakan alat bantu eviews 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CAR dan Ekuitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah. NPF berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah. SBIS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah. Kemudian berdasarkan hasil Uji MRA dihasilkan bahwa DPK tidak mampu memoderasi pengaruh CAR, NPF, Ekuitas terhadap Pembiayaan Murabahah. Namun, DPK mampu memoderasi pengaruh SBIS terhadap Pembiayaan Murabahah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 20:26
Last Modified: 09 Nov 2021 20:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item