Pengaruh Kecerdasan Majemuk terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro Tahun 2016

Zulaeha, Wahyu Rahma (2016) Pengaruh Kecerdasan Majemuk terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi-Word Burn.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan menjadi faktor yang mempengaruhi seseorang dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, dikemukakan lebih lanjut mengenai kecerdasan yang lebih kompleks yaitu kecerdasan majemuk dan pengaruhnya terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an. Kecerdasan majemuk (multiple intelligences) merupakan gabungan dari delapan kecerdasan di dalam diri individu. Teori ini ditemukan oleh Howard Gardner. Kedelapan jenis kecerdasan tersebut ialah: kecerdasan spasial, kecerdasan linguistik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan naturalistik, kecerdasan kinestetik tubuh, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan logika-matematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh santri tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro? 2) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an santri tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro? 3) Apakah kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh santri tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an? Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesanren Edi Mancoro, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup untuk mengumpulkan data X dan Y. Subjek penelitian yaitukeseluruh santri tahfidz di Pondok Pesantren Edi Mancoro yang berjumlah 24 orang. Data yang terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan majemuk terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri tahfidz Pondok Pesantren Edi Mancoro Tahun 2016. Hal ini terbukti dari hasil r hitung yang lebih besar dari pada r tabel. r hitung yaitu 0,621 yang mana dengan N 24 diperoleh nilai r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 dan r tabel pada taraf signifikan 1% sebesar 0,515 sehingga hipotesis dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:18
Last Modified: 14 Mar 2017 08:18
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item