PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-BANKING BANK UMUM SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa IAIN Salatiga)

RISTIANA, NANDA (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-BANKING BANK UMUM SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Nanda Ristiana.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuanagn Digital terhadap Minat Penggunaan Layanan E-banking bank umum syariah dengan Kepercayaan sebagai variabel intervening pada mahasiswa IAIN Salatiga. Dimana ada ukuran atau parameter pada literasi keuangan digital, yaitu Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling (sampel acak berstrata proposional). Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Selanjutnya menggunakan uji path analysis (analisis jalur) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel mediasi. Berdasarkan hasil uji yang diperoleh menjelaskan bahwa: 1) Persespi kemudahan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat penggunaan layanan e-banking; (2) Persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan e-banking; (3) Persepsi kemudahan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan; (4) Persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan; (5) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan e-banking; (6) Kepercayaan dapat memediasi hubungan antara persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan layanan e-banking; (7) Kepercayaan tidak dapat memediasi hubungan antara persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan layanan e-banking.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2021 18:10
Last Modified: 11 Nov 2021 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item