PENGARUH PENGANGGURAN, TENAGA KERJA, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP KEMISKINAN DENGAN DISTRIBUSI ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS 10 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015-2019)

NAFISA, ARINA AMALIA (2021) PENGARUH PENGANGGURAN, TENAGA KERJA, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP KEMISKINAN DENGAN DISTRIBUSI ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS 10 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015-2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ARINA_AMALIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh variabel Pengangguran, Tenaga Kerja, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Kemiskinan Dengan Distribusi Zakat Sebagai Variabel Moderasi di 10 Provinsi yang terdapat di Indonesia tahun 2015-2019. Penelitian ini mempunyai sifat kuantitatif dengan sampel sebanyak 10 Provinsi di Indonesia dan juga dalam data kuantitatif ini didapatkan 50 data periode tahun 2015-2019. Jenis data yang digunakan ialah data sekunder berupa publikasi laporan hasil data Pengangguran, Tenaga Kerja, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), kemiskinan dan distribusi zakat. Metode penelitian yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan uji stasioneritas, uji asumsi klasik, uji statistik serta Moderated Regression Analysis (MRA). Dengan menggunakan aplikasi Eviews versi 9. Hasil penelitian yang berjudul “Pengaruh Pengangguran, Tenaga Kerja, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Kemiskinan Dengan Distribusi Zakat Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus 10 Provinsi Di Indonesia Tahun 2015-2019)” menunjukkan hasil bahwa pengangguran secara parsial berpengaruh negatif serta signifikan terhadap kemiskinan. Tenaga kerja secara parsial berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kemiskinan. PDRB secara parsial memiliki pengaruh negatif serta signifikan terhadap kemiskinan. Variabel distribusi zakat dapat memoderasi pengangguran dan tenaga kerja terhadap kemiskinan dengan pengaruh yang signifikan. Sedangkan variabel distribusi zakat dapat memoderasi PDRB terhadap kemiskinan dengan pengaruh yang tidak signifikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2021 16:52
Last Modified: 12 Nov 2021 16:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item