PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Bank Panin Dubai Syariah Periode 2016-2020)

PRATIWI, ADILLAH (2021) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Bank Panin Dubai Syariah Periode 2016-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_ADILLAH PRATIWI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Growth Opportunity, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank Panin Dubai Syariah Periode 2016-2020). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji Path Analysis. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk time series data keuangan bulanan Bank Panin Dubai Syariah periode Januari 2016 sampai Desember 2020. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan alat bantu aplikasi Eviews versi 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel growth opportunity berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan modal, likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, growth opportunity berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas, likuiditas berpengaruh negatif signfikan terhadap profitabilitas, dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Setelah dilakukan analisis jalur, profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh growth opportunity terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan, namun profitabilitas mampu memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2021 17:12
Last Modified: 12 Nov 2021 10:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item