PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), JUMLAH PENDUDUK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2015 -2019 YANG DIMODERASI OLEH ZAKAT, INFAQ, SHODAQAH (ZIS)

qoimah, Laelatul (2021) PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), JUMLAH PENDUDUK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2015 -2019 YANG DIMODERASI OLEH ZAKAT, INFAQ, SHODAQAH (ZIS). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI LAELATUL QOIMAH 63020170149.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), jumlah penduduk dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dimoderasi oleh Zakat, Infaq, Shodaqah (ZIS) tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu pengumpulan data menggunakan regresi data time series dan menggunakan analisis regresi berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Data tersebut diambil dari Lembaga Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) dari tahun 2015 sampai 2019 kemudian diolah dengan menggunakan Eviews 9 menjadi data bulanan. Penelitian ini menggunakan alat analisis terdiri dari uji deskriptif, uji stasioneritas, uji asumsi klasik dan uji statistik dengan meliputi uji koefisien determinan (R2), uji F (uji simultan), uji T (uji individual). Hasil dari Uji T menunjukkan variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi tahun 2015-2019. Variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan variabel tenaga kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kemudian secara simultan Zakat, Infaq, Shodaqah (ZIS) tidak mampu memoderasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), jumlah penduduk dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi tahun 2015-2019.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2021 17:45
Last Modified: 12 Nov 2021 11:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item