Pengaruh Intellectual Capital, Tax Avoidance dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar di BEI)

Qurrotulaini, Nihayatul (2021) Pengaruh Intellectual Capital, Tax Avoidance dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar di BEI). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FEBI, 055, Nihayatul Qurrotulaini.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qurrotulaini, Nihayatul. 2021. Pengaruh intellectual capital, tax avoidance dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Akuntansi syariah IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Saiful Anwar, M.Acc. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, tax avoidance dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data panel pada perusahaan manufaktur periode (2014-2019). Pengelolaan data yang digunakan adalah Eviews 10. Populasi data pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman di Indonesia tahun 2014-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu menggunakan beberapa kriteria sehingga terdapat 10 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dengan nilai koefisien yang lebih besar dari tingkat signifikansi. Hasil pengujian regresi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,029439 yang artinya nilai perusahaan hanya dipengaruhi 2.94% oleh variabel dalam penelitian ini dan 97,06% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. T hitung variabel intellectual capital dan tax avoidance menunjukkan angka lebih besar dari t tabel. Yang artinya variabel intervening mampu menjembatani pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Kata kunci : Intellectual capital, tax avoidance, leverage, nilai perusahaan, profitabilitas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2021 18:00
Last Modified: 12 Nov 2021 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item View Item