PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI ORGANISASI DI DESA LEBAK KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara)

nggofur, Abdul (2021) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI ORGANISASI DI DESA LEBAK KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang Optimalnya Pemberdayaan Ekonomi melalui Organisasi Masyarakat di Desa Lebak. Pemberdayaan merupakan sebuah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan kemampuan, sikap terampil, perilaku, kemampuan, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program-program dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan kebutuhan masyarakat Desa dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Fokus penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui mengapa Pemerintah Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara kurang optimal dalam pemberdayaan ekonomi melalui Organisasi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara untuk pengembangan ekonomi masyarakat Desa dan untuk mengetahui bagaimana strategi pemerintah Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui organisasi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara untuk Pengembangan Ekonomi dan untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Desa dalam pemberdayaan ekonomi melalui Organisasi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara untuk pengembangan ekonomi masyarakat Desa dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Yuridis Sosiologis yang bersifat deskriptif, dimana penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata pada masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta yang kemudian menuju pada identifikasi yang pada akhirnya menuju ke penyelesaian masalah. Dan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang mana data primer di peroleh dari Pemerintah Desa dan Organisasi Masyarakat dan data sekunder diperoleh dari jurnal-jurnal, buku, majalah dll. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pemberdayaan ekonomi melalui organisasi di Desa Lebak yaitu 1). Anggaran atau dana dalam proses pemberdayaan yang kurang. 2). Kurangnya edukasi dari Pemerintah Desa kepada organisasi masyarakat. 3). Konsep pemerintah desa dalam pemberdayaan ekonomi melalui organisasi yang kurang diterima. 4). Budaya malas dari anggota organisasi. 5). Respon organisasi yang kurang dan susah diatur. 6). Pendidikan anggota organisasi yang rendah. Dan Strategi yang di gunakan dalam upaya pemberdayaan ekonomi melalui organisasi di Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara yaitu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Lebak dalam pemberayaan ekonomi melalui organisasi adalah tahap awal dengan pembinaan, pengontrolan, penyuluhan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lebak 2 (dua) minggu sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2021 15:02
Last Modified: 13 Nov 2021 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item