MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA 5 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIDYAWATI, DEWI (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA 5 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Dewi Widyawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Widyawati, Dewi. 2021. Manajemen Pembelajarann Daring dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Selama Pandemi Covid-19 di TK ABA 5 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Kecerdasan Intrapersonal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal selama pandemi covid-19 di TK ABA 5 Kota Salatiga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta dampak dari pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dipaparkan dengan teknik deskripsi. Dalam memperoleh data dari lapangan penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dari hasil wawancara kepala sekolah, guru, walimurid, dan peserta didik, sedangkan data sekunder berupa gambar atau dokumen yang mendukung data primer. Dalam proses manajemen pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal selama pandemi covid-19 di TK ABA 5 Kota Salatiga antara lain: Perencanaan, guru membuat RPPM, serta membuat video pembelajaran. Pengorganisasian, kepala sekolah mengadakan briefing setiap hari senin, dan guru mengorganisasikan pembelajaran daring dengan membuat group. Pelaksanaan, pembelajaran daring dilakukan dengan video call, yang selanjutnya guru mengirimkan video dan tugas. Evaluasi atau penilaian berdasarkan dari kegiatan video call, dan tugas yang dikerjakan. Faktor pendukung pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal selama pandemi covid-19 di TK ABA 5 Kota Salatiga antara lain: orang tua mendukung, dan komunikasi yang baik antara guru dan orangtua, sedangkan faktor penghambat pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak antara lain: mood anak, pemahaman orangtua terhadap perintah tugas berbeda-beda, memori handphone penuh dan kuota habis, serta keterbatasan media. Dampak positif dari manajemen pembelajaran daring dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal selama pandemi covid-19 di TK ABA 5 Kota Salatiga antara lain: anak timbul percaya diri untuk tampil didepan kamera, memudahkan kegiatan pembelajaran, anak dapat menerapkan particle life dirumah dengan bantuan orangtua, Sedangkan dampak negatifnya anak menjadi malas, penilaian menumpuk, kurang maksimal dalam pembelajaran, dan memantau perkembangan anak.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:43
Last Modified: 16 Nov 2021 14:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item