PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI MI SALAFIYAH CANDIGUGUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HIDAYAH, LAELA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV DI MI SALAFIYAH CANDIGUGUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PGMI_LAELA HIDAYAH_23040170099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur, 2) Mengetahui kelebihan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pictue and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur, 3) Mengetahui kekurangan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pictue and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur, 4) Mengetahui faktor pendukung penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur, 5) Mengetahui faktor penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu meliputi data primer dan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, display data (Penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di MI Salafiyah Candigugur ketika pembelajaran guru menerapkan model dan metode dengan baik dan memudahkan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. 2) Kelebihan dari penelitian ini yaitu pembelajaran menjadi tidak membosankan, peserta didik menjadi aktif, menumbuhkan sikap sosial. 3) kekurangannya adalah model dan metode pembelajaran tersebut tidak bisa digunakan untuk semua mata pelajaran, guru membutuhkan waktu tambahan untuk mempersiapkan model dan metode pembelajaran, tidak semua peserta didik aktif dalam pembelajaran. 4) Faktor pendukungnya antara lain: perpustakaan, fasilitas sekolah yang memadai, komunikasi yang baik. 5) faktor penghambatnya adalah membutuhkan tambahan waktu untuk pembuatan media, kurangnya pengetahuan guru, kurang memadainya fasilitas sekolah, dan pengaruh teknologi membuat peserta didik malas untuk belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 16:55
Last Modified: 16 Nov 2021 14:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12167

Actions (login required)

View Item View Item