PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBANTUKAN POWER DIRECTOR PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA SIKLUS AIR

setiyowati, Endang (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBANTUKAN POWER DIRECTOR PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA SIKLUS AIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS Endang Setiyowati.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS Endang Setiyowati.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan pengembangan media pembelajaran di lapangan yaitu Kurangnya pengembangan media pembelajaran dalam kegiatan belajar di sekolah secara maksimal. Saat pembelajaran guru hanya menggunakan buku ajar, Siswa diberi penugasan dari LKS, Keterbatasan penyampaian penjelasan, membuat siswa kurang memahmi materi yang disampaikan dan Keterbatasan waktu dan kemampuan Guru dalam pemanfaatan teknologi pengembangan media pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran video berbantukan Power Director pada subtema Siklus Air. Penelitian menggunakan Jenis penelitian dan pengembangan/ Research And Development (RnD), dengan menerapkan langkah ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa kelas V di MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Tahap awal yang dilaksanakan yaitu dengan menganalisis kebutuhan yang ada dilapangan, selanjutnya menentukan rancangan materi yang ada dalam media yang akan dikembangkan. Kemudian melakukan pengembangan video pembelajaran berbantukan Power Director pada subtema Siklus Air. Pada tahap pengembangan ini media mendapat validasi dari tim ahli (ahli media dan ahli materi) untuk selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai saran dari tim ahli. Setelah produk diperbaiki, produk di implementasikan pada siswa kelas V MI Ma’arif Watuagung. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi, dari hasil implementasi menunjukkan bahwa media pembelajaran video berbantukan Power Director pada subtema Siklus Air efektif untuk digunakan. Hasil analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan instrumen angket yang dibagikan kepada setiap responden penelitian mengenai media yaitu siswa kelas V dan guru kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Menghitung hasil belajar siswa pre test dan post test kelas V MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa membutuhkan media dalam proses pembelajaran khususnya subtema Siklus Air agar hasil belajar lebih maksimal hal ini dilihat dari hasil angket yang diberikan kepada siswa yaitu 84,43%, 2) bentuk pengembangan media video berbantukan Power Director pada subtema Siklus Air analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan pengevaluasian, dan 3) pengembangan media pembelajaran video berbantukan Power Director terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar yaitu hasil post test lebih tinggi dari hasil pre test, dengan kenaikan dari 56,52% menjadi 86,95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 18:46
Last Modified: 15 Nov 2021 18:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item