HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA POP UP BOOK DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Handayani, Agelia (2021) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA POP UP BOOK DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AGELIA HANDAYANI(23040170091) PGMI (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Video Animasi, Media Pop Up Book, Hasil Belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan media video animasi dan media pop up book dengan hasil belajar IPA kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 tahun 2021. Yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hubungan antara penggunaan video animasi dan media Pop Up Book dengan hasil belajar IPA siswa Kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) Bagaimana hasil belajar IPA siswa Kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 (3) Apakah ada hubungan secara signifikan antara penggunaan video animasi dan media Pop Up Book dengan hasil belajar IPA siswa Kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dipakai untuk memahami hubungan antara variabel independent yakni pemanfaatan media video animasi dan media pop up book dengan variabel dependen yakni hasil belajar IPA. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Langkah selanjutnya melakukan analisis dengan cara: (1) Analisis data dengan perhitungan persentase. (2) Analisis lanjutan dengan perhitungan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Pemanfaatan video animasi dan media Pop Up Book di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 berada dalam kategori sangat tinggi. Terbukti 63,2 % dari 19 siswa yaitu 12 siswa dalam kondisi sangat tinggi. (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 tahun 2021 berada dalam kategori sangat tinggi, Terbukti 73,7 % dari 19 siswa yaitu 14 siswa dalam kondisi sangat tinggi. (3) Ada hubungan antara pemanfaatan video animasi dan media Pop Up Book dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan nilai r sebesar 0,507. Dengan jumlah sampel 19 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,456. Hal tersebut menunjukkan pada taraf signifikan 5% nilai r hitung lebih besar dari r tabel. Maka hipotesis penelitian ini menyebutkan bahwa pemanfaatan video animasi dan media Pop Up Book dengan hasil belajar IPA kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 tahun 2021 diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 17:46
Last Modified: 16 Nov 2021 17:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12203

Actions (login required)

View Item View Item