PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN BOPO TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019)

yastutik, Indri (2021) PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG) DAN BOPO TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN RISIKO PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI-Full Indri Yastutik-63010170084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yastutik, Indri. 2021. Pengaruh Tingkat Likuiditas, Islamic Corporate Governance (ICG) Dan BOPO Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Risiko Pembiayaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Srata Satu Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing : Fetria Eka Yudiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat likuiditas (FDR), Islamic corporate governance (ICG) dan BOPO terhadap kinerja keuangan (ROA) yang dimoderasi oleh risiko pembiayaan (NPF). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah periode pengamatan 2015-2019. Sampel yang digunkaan sebagai objek penelitian sejumlah 11 Bank Umum Syariah. Metode pengumpulan data diperoleh dalam bentuk yang telah tersedia dan dipublikasikan berupa data-data annual report (laporan keuangan tahunan) dalam setiap masing-masing bank syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji stasioneritas, uji MRA dan uji asumsi klasik. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Eviews Vertion 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel FDR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA; 2) Variabel ICG berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA; 3) Variabel BOPO berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA; 4) NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA; 5) Variabel NPF mampu memoderasi pengaruh FDR terhadap ROA; 6) Variabel NPF tidak mampu memoderasi pengaruh ICG terhadap ROA; 7) Variabel NPF mampu memoderasi pengaruh BOPO terhadap ROA. Kata Kunci : Tingkat Likuiditas (FDR), Islamic Corporate Governance (ICG), BOPO, Kinerja Keuangan (ROA), Risiko Pembiayaan (NPF).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 18:13
Last Modified: 16 Nov 2021 18:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item