ANALISIS PENGARUH INVESTASI PEMERINTAH, PENDAPATAN PERKAPITA, DAN ZIS (ZAKAT, INFAK, SEDEKAH) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN TENAGA KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PERIODE TAHUN 2010 – 2019 DI INDONESIA)

RAHMAWATI, IMAN RIZKI (2021) ANALISIS PENGARUH INVESTASI PEMERINTAH, PENDAPATAN PERKAPITA, DAN ZIS (ZAKAT, INFAK, SEDEKAH) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN TENAGA KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PERIODE TAHUN 2010 – 2019 DI INDONESIA). [UNSPECIFIED]

[img] Text
IMAN RIZKI RAHMAWATI_(63020170144).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif data sekunder time series. Sampel yang digunakan sebanyak 38 untuk masing-masing variabel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik, Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Badan Amil Zakat Nasional. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews 9 Version. Seluruh data masing-masing variabel ditransformasikan logaritma dan kemudian dilakukan uji lanjutan yang meliputi uji stasioneritas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji t, uji F dan uji R2 ). Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa Secara simultan variabel investasi pemerintah, pendapatan perkapita dan ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel investasi pemerintah (X1) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai prob 0,6330. Variabel pendapatan perkapita (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai prob 0,5796. Variabel ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai prob 0,0061. Variabel tenaga kerja (Z) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai prob 0,3482. Sedangkan koefisiensi determinasi (Adjusted R-Squared) sebesar 0,521505 artinya bahwa nilai Adjusted R-Squared yang sebesar 52,15% mengindikasi semua variabel independent mampu menjelaskan 52,15% variasi variabel pertumbuhan ekonomi, sedangkan sisanya 47,85% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Variabel investasi pemerintah (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y) melalui tenaga kerja (Z). Variabel pendapatan perkapita (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y) melalui tenaga kerja (Z). Variabel ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (Y) melalui tenaga kerja (Z).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 15:51
Last Modified: 17 Nov 2021 12:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item