Konsep Pendidikan Tauhid bagi Anak dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim

Permatasari, Ayu (2016) Konsep Pendidikan Tauhid bagi Anak dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
KONSEP PENDIDIKAN TAUHID BAGI ANAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tauhid adalah masalah yang paling mendasar dan utama dalam ajaran islam. Karena diterima atau tidaknya amal perbuatan manusia muslim di sisi Allah sangat tergantung kepada tauhid itu sendiri. Menghadapi segala tantangan globalisasi modern pada gilirannya bukan tidak mungkin bisa mengikis aqidah anak. Buku Segenggam Iman Anak Kita karangan M. Fauzil Adhim akan membahas cara mendidik anak berbasis tauhid untuk mengarahkan orang tua dalam membekali jiwa tauhid pada mereka. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui konsep pendidikan tauhid bagi anak dalam buku Segenggam Iman Anak Kita menurut M. Fauzil Adhim. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan tauhid dalam buku Segenggam Iman Anak Kita karangan M. Fauzil Adhim? 2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan tauhid bagi anak dalam buku Segenggam Iman Anak Kita di konteks kehidupan sekarang? Analisis ini menggunakan metode literature (kepustakaan). Yaitu menghimpun dan menganalisa dokumen-dokumen resmi, buku-buku, kemudian diklarifikasi sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisa isinya. Buku-buku mengenai pendidikan tauhid, mendidik anak dengan tauhid, serta tulisan mengenai pendidikan tauhid baik di artikel, koran, majalah, penelitian, disertasi maupun jurnal yang dikumpulkan kemudian diadakan analisis yang terkait dengan pembahasan tersebut. Setelah semuanya terkumpul, kemudian memaparkan pemikiran M. Fauzil Adim kepada pendidikan tauhid bagi anak. Berdasarkan hasil analisis konsep dari gagasan Fauzil dalam buku Segenggam Iman Anak Kita antara lain Pertama, membekali pendidikan tauhid kepada anak meliputi membangun orientasi hidup yang jelas dengan memberikan kasih sayang, memberikan rangsangan dengan tantangan yang ada untuk berfikir, dan menumbuhkan cita-cita yang visioner. Dan bekal untuk mengasuh tauhid pada anak meliputi membekali rasa takut terhadap masa depan, takwa kepada Allah, berbicara dengan perkataan yang benar, mendisiplinkan anak dengan shalat, serta menunjukkan kesalahan anak dengan pengarahan. Kedua, mengajarkan dan mendekatkan Al-Qur’an pada diri anak, meliputi mengajarkan anak untuk membaca Al-Qur’an, mengajarkan anak untuk menghafal Al-Qur’an, serta mengajarkan anak untuk mengamalkan Al-Qur’an. Ketiga, membekali jiwa tauhid pada anak dengan mengenalkan Allah kepada anak, bersyukur kepada Allah, tidak menyekutukan Allah, percaya terhadap takdir, iman melahirkan keteladanan, serta berislam dengan bangga dan berlaku ihsan. Adanya berbagai tantangan globalisasi modern yang mungkin dapat mengikis aqidah anak. Maka ide pemikiran Fauzil menjadi sangat relevan dalam kehidupan sekarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:15
Last Modified: 15 Mar 2017 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item