Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam oleh Orang Tua pada Siswa Tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga

Mu'asyaroh, Siti (2016) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam oleh Orang Tua pada Siswa Tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SITI MU'ASYAROH (111-12-237).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tunagrahita adalah mereka yang memiliki keterbatasan intelegensi. Karena keterbatasan itu pula sikap sosial seseorang berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan oleh orang tua pada siswa tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga, untuk mengetahui metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh orang tua pada siswa tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada siswa tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah orang tua siswa tunagrahita, anak tunagrahita dan guru pendidikan agama Islam di SMPLB Negeri Salatiga. Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menangkap fakta, fenomena, variabel dan keadaan yang didapatkan ketika penelitian berlangsung dan menjelaskan data yang didapatkan. Hasil penelitian ini adalah, (1) Nilai Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan orang tua pada siswa tunagrahita SMPLB Negeri Salatiga sudah berdasarkan ajaran pokok nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi nilai pendidikan akidah, ibadah, akhlak dan kemasyarakatan. (2) Orang tua menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengawasan dan hukuman.dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. (3) Dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menghambat dan mendukung. Ketidaksabaran orang tua, keterbatasan intelegensi anak, kepribadian anak yang susah diatur, menjadi kendala dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Sedangkan motivasi kuat dimiliki orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam, kepribadian anak yang sudah tumbuh jiwa kemandirian, lingkungan masyarakat yang masih menjunjung tinggi tradisi Islam, dan lingkungan sekolah merupakan fakor pendukung dalam meningkatkan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam oleh orang tua pada anak tunagrahita yang bersekolah di SMPLB Negeri Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:25
Last Modified: 15 Mar 2017 04:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item