IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KALIBENING SALATIGA TAHUN 2016

Khasanah, Dewi Uswatun (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KALIBENING SALATIGA TAHUN 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KALIBENING.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan agar dapat membentuk diri, membina diri, mengarahkan, mendidik sesorang agar menjadi lebih baik dan mempunyai akhlakul karimah yang berdasarkan rukun-rukun Islam dan sesuai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana pendidikan karakter di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien tahun 2016? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien tahun 2016? (3) Apa hambatan dan solusi pendidikan karakter pada santri di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien tahun 2016?. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Objek peneliti adalah pengasuh pondok pesantren, dewan asatidz, pengurus dan sebagian santri di pondok pesantren hidayatul Mubtadi-Ien Kalibening Salatiga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan agar dapat membentuk diri, membina diri, mengarahkan, mendidik sesorang agar menjadi lebih baik dan mempunyai akhlakul karimah yang berdasarkan rukun-rukun Islam dan sesuai ajaran Islam. 2) Implementasi pendidikan karakter di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien dengan mengenalkan pembelajaran kitab-kitab akhlak berjalan dengan baik dan efektif. Di pondok pesantren sejak awal sudah di ajarkan kitab-kitab akhlak supaya karakter santri terbentuk dengan baik. 3) Hambatan dan solusi pendidikan karakter. Hambatannya yaitu: (a) Kurangnya pengetahuan santri.(b) Pengaruh dari teman-teman sekolah dari luar.(c) Santri kurang disiplin.(d)Santri kurang mentaati peraturan pondok pesantren.(e) Pergaulan teman luar.(f) Tidak menggunakan waktu dengan baik. Dan solusi untuk mengatasi hambatannya yaitu: (a) Mengajarkan santri tentang kesungguhan. (b) Menekankan pembentukan akhlak. (c) Kerjasama antara sekolah dan pondok pesantren. (d) Mendidik santri untuk lebih disiplin. (e) Membatasi alat-alat elektronik seperti HP, leptop dan tv.(f) Memperketat peraturan.(g) Menggunakan waktu dengan baik. (h) Bergaul dengan teman yang baik.(i) Adanya dukungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:36
Last Modified: 15 Mar 2017 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item