Peningkatan Prestasi Belajar Mata Materi Surah Al-Lahab Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Azizah, Nur (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Mata Materi Surah Al-Lahab Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH 2016.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: Apakah Metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Materi surat Al-Lahab siswa kelas IV di MI Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui Apakah Metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Materi surat Al-Lahab siswa kelas IV di MI Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi penelitian tindakan kelas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan strategi index card match mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat Al-Lahab pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Desa Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Hasilnya yaitu rata-rata keaktifan siswa pada pra siklus (36%) dikategorikan kurang aktif pada siklus I (64%) mengalami kenaikan peningkatan yang signifikan, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori aktif (82%). Penggunaan strategi index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya materi surat Al-Lahab. Rata-rata kelas pada pra siklus dikategorikan tuntas (36%) pada siklus I mengalami peningkatan angka rata-rata kelas dengan kategori tuntas (64%) sedangkan pada siklus II rata-rata kelas juga dikategorikan tuntas (82%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:48
Last Modified: 15 Mar 2017 04:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item