Konsep pendidikan tasawwuf menuruuf Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad dalam Kitab Nashoihud Diniyyah

Sya'roni, Muhammad (2016) Konsep pendidikan tasawwuf menuruuf Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad dalam Kitab Nashoihud Diniyyah. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
MUHAMMAD SYA'RONI(111-11-071).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Nashoihud Diniyyah merupakan salah satu karya yang terkenal dari Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad yang berisi tentang tasawwuf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep tasawwuf menurut Al-Habib Abdullah Bin Alwi Bin Muhammad Al-Haddad dalam kitab Kitab Nashoihud Diniyyah. Beberapa hal yang akan disampaikan dalm penelitian ini adalah: (1) Latar belakang Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad, (2) Konsep pendidikan tasawwuf yang terdapat dalam kitab Nashoihud Diniyyah, dan (3) Relevansi konsep tasawwuf yang terdapat dalam kitab Nashoihud Diniyyah dalam kehidupan sehari-hari . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber utama adalah kitab Nashoihud Diniyyah dan sumber pendukungya adalah terjemahan kitab Nashoihud Diniyyah dan buku-buku yang bersangkutan dengan materi. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa konsep tasawwuf yang ada dalam kitab Nashoihud Diniyyah karya Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad menunjukkan bahwa tasawwuf adalah penjelmaan dari ihsan. Dalam penafsirannya tasawwuf mempunyai tiga aspek yaitu:, tasawwuf akhlaki, tasawwuf amali, dan tasawwuf tauhid. Adapun tasawwuf tersebut sangat dibutuhkan sebagai pedoman masyarakat saat ini yang belum mencerminkan perilaku akhlak tasawwuf yang sesuai dengan tuntunan, menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Dalam mencapai akhlak yang mulia baik di sisi Allah, manusia harus berusaha melelui dua aspek yaitu: Aspek perbuatan yang dilakukan oleh bathin (jiwa) yang berupa penyucian hati. Dan Aspek perbuatan yang dilakukan oleh dhohir (anggota tubuh) yang berupa budi pekerti yang sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan Hadits. Konsep pendidikan tasawwuf dalam kitab Nashoihud Diniyyah bisa dibilang praktis dan berpegang teguh dengan Al Qur’an dan Hadits. Yang dari setiap uraiannya disertakan dasar-dasar (dalil-dalilnya). Dengan demikian, memberikan motivasi untuk melaksanakan kebaikan baik itu dihadapan manusia maupun dihadapan Allah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 02:15
Last Modified: 16 Mar 2017 02:15
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item