UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI “INDEX CARD MATCH” PADA SISWA KELAS VIII SMP SUDIRMAN 2 TINGKIR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Purwanti, Niswatur Rokhmah (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI “INDEX CARD MATCH” PADA SISWA KELAS VIII SMP SUDIRMAN 2 TINGKIR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Terkait dengan mutu pendidikan pada mata pelajaran PAI, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai saat ini masih jauh dari apa yang diharapkan, demikian juga yang terjadi di SMP Islam Sudirman 2 Tingkir. Hal ini disebabkan oleh kurangnya efektifitas pembelajaran, serta kurang variasinya strategi yang digunakan oleh guru, yang hanya menggunakan strategi lama. Berdasarkan surve yang peneliti lakukan di SMP Islam Sudirman 2 Tingkir, strategi yang digunakan guru hanya metode ceramah dan siswa diminta mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan guru. Sehingga siswa merasa tidak nyaman dan bosan.Hal ini yang menyebabkan kesulitannya siswa saat menghadapi ulangan, sehingga nilai yang dihasilkan kurang dari KKM (ketuntasan kriteria minimum) yang telah ditentukan. Hipotesis Tindakan, penggunaan strategiindex card match dapat meningkatkan prestasi belajar PAI dalam mengajar materi hukum tentang hewan sebagai sumber makanan pada siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman 2 tingkir Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian PTK.Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.Dalam penelitian ini, kelas yang berisi murid dijadikan obyek penelitian, maka siswa yang berada di kelas tersebut adalah sebagai populasi yang diteliti.Tahap-tahap dalam Penelitian Tindak Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan penting, yaitu:Tahap Rencana (Planning), Tahap Tindakan (Action), Tahap Pengamatan (Observation), Tahap Analisi dan Refleksi (Reflection). Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian tindak ini adalah:Silabus,Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Soal pre test dan post test, Lembar observasi. Deskripsi siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Pelaksanaan penelitian siklus I tanggal 12 april 2016, siklus II tanggal 26 april 2016, siklus III 3 mei 2016.Hasil penelitian bahwa strategi index card macth dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Sudirman Islam 2 Tingkir Salatiga. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pre test dan post test mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:07
Last Modified: 17 Mar 2017 04:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item